Langkah-Langkah Mengurus PBB Jual Beli Rumah

Salah satu poin terpenting yang harus diperhatikan dalam jual beli rumah adalah PBB. Seperti namanya, pajak ini berkaitan dengan bumi atau dalam hal rumah merupakan tanah di mana rumah berdiri dan juga bangunan berupa konstruksi yang berdiri dan bentuk fisik yang memang dijadikan hunian. Pada intinya, jual beli rumah yang sah atau bisa mendapatkan akta jual beli haruslah jelas dan terbuka termasuk soal pajak. Jika Anda belum memahaminya secara mendalam, simaklah Langkah-Langkah Mengurus PBB Jual Beli Rumah berikut ini.

Tips Mengurus PBB Jual Beli Rumah Sendiri

Ada dua langkah yang berbeda dalam hal mengurus PBB ketika akan terjadi transaksi jual beli rumah. Untuk rumah yang sudah terdaftar menjadi objek pajak dan terhutang pajak, maka tentu saja hanya tinggal membayar PBB yang menunggak. Hal ini sering terjadi lantaran adanya pemilik rumah yang tidak membayarkan PBB rumahnya. Sehingga, jika hal ini terjadi maka penjual rumah perlu melunasi terlebih dahulu tunggakan PBB sebelum melanjutkan transaksi. Penjual bisa mengurusnya secara bersama dengan pembeli jika memang terjadi kesepakatan. Pada intinya, cukup datang ke Kantor Pelayanan Pajak dan membayar PBB. Kedua, jika rumah yang dibeli belum terdaftar sebagai objek pajak misalnya rumah yang baru saja dibangun dan langsung dijual, maka daftarkan terlebih dahulu. Yang perlu dilakukan adalah mendatangi Kantor Pelayanan Pajak untuk mengisi blangko permohonan objek baru, mengisi SPOP, dan melengkapi dokumen pendukung yang diminta. Dokumen yang dimaksud antara lain fotokopi KTP atau Kartu Keluarga, Sertifikat tanah, dan fotokopi IMB. Jika rumah yang dijualbelikan tidak memiliki bukti kepemilikan, maka perlu sekali mengurus sertifikatnya terlebih dahulu dengan datang ke kantor kelurahan. Jika pengurusan pajak tidak dilakukan oleh pemilik rumah, maka bisa menggunakan surat kuasa.

Itulah tadi ulasan lengkap untuk Anda yang ingin tahu langkah-langkah mengurus pembayaran PBB ketika transaksi jual beli rumah. Langkah yang harus dilakukan sangalah sederhana dan tidak akan membuat Anda menunggu lama. Cukup siapkan uang sejumlah pajak yang harus dibayarkan dan pergi ke Kantor Pelayanan Pajak, maka urusan PBB bisa segera terselesaikan.

Tips Jual beli tanah properti murah

Categories: Tips